Sejarah

Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Pancawahana adalah merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (PTAIS) di Bangil yang mempunyai Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) yang bernaung di bawah PCNU Bangil. Sebagai bagian dari amal usaha PCNU Bangil di Kabupaten Pasuruan, STAI Pancawahana Bangil bertekad mewujudkan cita-cita dan tekad NU diantaranya untuk menjadikan “Wacana Keilmuan dan Ke-Islaman” sebagai filosofi penyelenggaraan dan pengembangan institusi. Artinya STAI Pancawahana Bangil, berusaha mengintegrasikan antara nilai-nilai keilmuan dan keislaman sehingga mampu menumbuhkan kepribadian yang menguasai ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang dijiwai nilai-nilai keislaman.

Program Studi (PS) S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) adalah salah satu PS di Jurusan Pendidikan Tarbiyah STAI Pancawahana. PS S1 Pendidikan Islam Anak Usia Dini berdiri pada tanggal 12 September 2017, berdasarkan SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Nomor 4985, tentang Izin penyelenggaraan Program Studi Pendidikan & Tarbiyah pada STAI Pancawaha di Kabupaten Pasuruan yang diselenggarakan oleh Yayasan Pancawahana Bangil di Kabupaten Pasuruan.

Pada tahun 2021, Program studi PIAUD melakukan akreditasi perdana dengan 9 standar. Dengan peringkat akreditasi baik, berdasarkan keputusan BAN-PT NO. 10042/SK/BAN-PT/Ak-PKP/S/VIII/2021, tertanggal 10 Agustus 2021.

Kepemimpinan Program Studi :
Periode Pertama (2020 – 2022). Untuk periodesasi kepemimpinan baru terbentuk di bulan Juni 2020 dimana sebagai Ketua Program Studi ialah Dona Tihnike,M.Psi.,Psikolog tanpa sekretaris.