Study Tour Pertama PIAUD STAI Pancawahana  

Salah seorang mahasiswa dengan didampingi kaprodi Pendididkan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) STAI Pancawahana Bangil, melaksanakan kegiatan study banding di Institut Agama Islam AL Hikmah Tuban, pada hari minggu 30 Januari 2022.

Kegiatan studi banding yang bersamaan dengan pelaksanaan workshop Optimalisasi Tumbuh Kembang dengan Alat Permainan Edukatif dan pertemuan PPPIAUD se Jawa-Bali ini dihadiri juga oleh Ikatan Guru Roudlotul Atfal dan HIMPAUDI se kabupaten Tuban.

Acara ini dihadiri sekitar 50 mahasiswa, 50 kaprodi, dan 100 guru IGRA DAN HIMPAUDI yang dibagi dalam 2 ruang. Ruang pertama dilantai 2 sebagai ruang kaprodi dan lantai 3 sebagai tempat workshop.

Rangkaian acara workshop tersebut dibagi dalam dua sesi, namun sebelum itu dilaksanakan pembukaan acara pada pukul 10.00 WIB. Acara pembukaan diisi dengan tarian-tarian daerah dilanjutkan dengan sambutan-sambutan.

“Acara ini kami laksanakan bersamaan dengan kegiatan kerjasama prodi PIAUD se-Jawa Bali, juga sebagai ajang pengenalan program studi pendidikan Islam anak usia dini pada ikatan guru Raudhatul Athfal dan HIMPAUDI se-kabupaten Tuban. Acara ini juga ditujukan untuk perwakilan mahasiswa agar bisa dijadikan bekal untuk diajarkan kembali atau diaplikasikan dalam pembelajaran pembelajaran di kampusnya masing-masing,” ucap kaprodi IAI Al hikmah Tuban pada sambutannya pagi itu.

Selanjutnya, di sesi yang pertama, workshop diisi dengan pelatihan pembuatan busy book yang dilaksanakan selama 2 jam, di mana satu jam diisi dengan materi dan 1 jam kedua diisi dengan praktek pembuatan busy book. Dalam pembuatan busy book, peserta workshop dibagi dalam beberapa kelompok, yang berisi 4 orang dan dari satu kelompok wajib membuat satu busy book.

Acara dari sesi satu ke sesi dua dijeda dengan adanya waktu istirahat shalat dan juga makan, lalu dilanjutkan dengan foto bersama bersama pemateri pertama dan juga kaprodi PIAUD se Jawa Bali.

Untuk sesi acara yang kedua, dengan narasumber ketua IGRA cabang Tuban, memaparkan materi pembelajaran steam pada anak usia dini yang dilaksanakan selama 2 jam. Berbeda dengan sesi pertama, sesi kedua diisi dengan full praktek dan diakhiri dengan pembagian hadiah bagi kelompok yang bisa memberikan pembelajaran steam paling kreatif.

Acara workshop sebagai wujud studi banding di IAI Al-Hikmah Tuban ditutup pada jam 16.00 WIB. dengan doa lalu menyanyi lagu bersama serta sesi foto bersama kaprodi mahasiswa se-Jawa Bali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these

No Related Post